Kamis, 04 Mei 2017

Belajar Pemrograman Game 2D Untuk Pemula

Selamat Siang rekan-rekan sekalian...

Akhir-akhir ini banyak sekali email yang masuk yang menanyakan tentang cara membuat game 2D sederhana. Dan berulang kali ogut harus menjawab pertanyaan yang sama. Padahal jika para pembaca sedikit mau klik sana dan klik sini...semua cara untuk buat game sederhana sudah ogut posting secara lengkap. Mungkin yang menjadi kendala adalah link download source code yang ditutup oleh salah satu penyedia jasa cloud storage. Sehingga banyak link download yang error.

Di artikel kali ini ogut tidak akan membahas tentang game atau program grafik, tapi akan memberikan petunjuk langkah-langkah yang harus rekan-rekan tempuh untuk mulai belajar membuat game 2D. Saran ogut ikuti saja langkah-langkah berikut ini secara berurutan sehingga akan memudahkan rekan-rekan untuk belajar membuat game 2D sendiri.


Program game pada artikel kali ini ogut fokuskan menggunakan Code Block, OK kita langsung saja yah, dan satu lagi artikel ini tidak akan selesai dengan sekali tulis, jadi akan terus ogut update.

1. Pertama install Code Block di komputer rekan-rekan, caranya klik link artikel ini. Pilih versi terbaru dari Code Block karena versi terbaru biasanya lebih baik dari versi sebelumnya. (versi terbaru saat ogut menulis artikel ini silahkan klik disini)

2. Belajar untuk mengenal OpenGL atau belajar untuk membuat project OpenGL dengan menggunakan Code Block. Ogut sudah pernah menulis artikel tentang ini jadi silahkan klik saja disini.

3. Berikutnya pelajari matematika yang terkait untuk membuat game. Pelajari tentang sistem koordinat kartesius 2D dan aturan kwadran-nya. Pelajari juga tentang trigonometri di link berikut ini.


Dan matematika vektor R2 akan sangat bermanfaat pada saat rekan-rekan menghitung deteksi tabrakan, membuat missile, membuat peluru dan sebagainya. Matematika vektor adalah nyawa dari pemrograman game.

Matematika lain yang mendukung pembuatan game antara lain rotasi dan translasi. Semuanya sudah pernah ogut bahas, rekan-rekan tinggal klik sana dan klik sini.

4. Membuat objek game , berupa objek persegi panjang di koordinat kartesius 2D. Contoh programnya sudah pernah ogut buat dengan menggunakan Visual Studio dan menggunakan Code Block. silahkan rekan-rekan belajar dari kedua contoh program tersebut.



Sebab untuk menampilkan sebuah persegipanjang rekan-rekan hanya perlu menambahkan kode program di bawah ini ke program grafik OpenGL.

glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2f(0.0f,   0.0f);
glVertex2f(0.0f,   1.0f);
glVertex2f(1.0f,   1.0f);
glVertex2f(1.0f,   0.0f);
glEnd();

5. Belajar membuat tekstur dari file bitmap 24 bit. Ini juga sudah pernah ogus bahas tinggal rekan-rekan klik disini. Ogut membuatnya dengan menggunakan software Photoshop.

6. Mengisi objek persegi panjang dengan tekstur. Setelah rekan-rekan bisa membuat objek persegipanjang langkah berikutnya mengisi objek persegipanjang tersebut dengan tektur bitmap 24 bit.

Contoh nya seperti gambar di bawah ini. Persegipanjang kosong tanpa tekstur.


Lalu menjadi seperti ini, persegipanjang dengan tekstur.


Contoh program dengan menggunakan Visual Studio telah tersedia. Untuk contoh program dengan Code Block klik disini untuk link ke artikelnya

.

7. Teknik Masking, langkah berikutnya yang harus rekan-rekan lakukan adalah belajar tentang teknik masking. Ogut baru saja menyelesaikan artikel tentang teknik masking. Dan ini link-nya.


Dengan teknik masking rekan-rekan bisa menampilkan objek-objek game 2D seperti pesawat, bom, misil, canon, mobil dan lain-lain.

8. Langkah selanjutnya atau langkah ke-8 untuk belajar membuat game 2D. Membuat animasi sederhana, ya animasi yang sederhana dulu saja supaya gak pusing.

Untuk membuat animasi sederhana rekan-rekan santai saja artikelnya sudah ogut posting lengkap dengan source code nya juga. Ini dia link-nya, gimana mantap kan. Dan rekan-rekan tidak hanya belajar tentang animasi saja, tetapi belajar juga cara untuk mendeteksi tombol yang ditekan oleh user atau pemain game.

Silahkan program nya diutak-atik sendiri, tugas ogut hanya memberi contoh yang sederhana, sisanya terserah rekan-rekan.OK



9. Tahap berikutnya...membuat animasi latar belakang yang bergulung, sehingga game rekan-rekan menjadi semakin hidup. Caranya gimana...??? Ingat saja rantai sepeda.


Ini dia link artikelnya. Ingat selalu rantai sepeda rantai sepeda dan rantai sepeda. Sebab jika ingat rantai sepeda maka program seperti gambar di bawah ini akan bisa rekan-rekan buat.


10. Sekarang belajar cara membuat peluru seperti video berikut ini.


Peluru harus dibuat agar game perang ini jadi seru untuk membuat peluru seperti video di atas ini dia link nya udah ogut siapin tinggal klik saja.


Eiiiitttttt
Jangan pergi dulu. Peluru tidak hanya satu saja, banyak sekali variasi peluru yang bisa dibuat. Contohnya video di bawah ini.



Untuk membuat peluru seperti video di atas pelajari dulu artikel cara membuat peluru satu, intinya jika rekan-rekan bisa membuat peluru satu, maka variasi peluru 2 dan peluru W bisa dengan mudah dibuat.

11. Sabar ya belum ogut buat.....ntar ogut sambung lagi.......

Sampai disini dulu rekan-rekan yah, ntar ogut update lagi, artikel ini belum selesai karena ogut sudah harus kerja.


Salam


Heriady

Tidak ada komentar:

Posting Komentar