Rabu, 20 Januari 2016

Membuat Objek 3D Garden Dengan OpenGL



Selamat Pagi rekan-rekan, artikel kali ini akan menampilkan cara untuk membuat objek 3D Garden atau taman 3D dengan menggunakan Visual C++ dan OpenGL.


Hasil program dapat Anda lihat pada video dan gambar di bawah ini.





Program ini sudah lama sekali sebenarnya, waktu itu ogut masih belajar pake komputer pinjaman, dan hanya punya waktu sekitar 30 menit perhari untuk nyobain buat program seperti ini. Waktu itu belum tau namanya metode 3 daftar, cara buat objek dengan 3ds max, belum bisa mengkonversi dari objek 3ds max menjadi mesh yang bisa di load oleh OpenGL, dan lain-lain.

Tapi dengan mulai membuat objek 3D seperti ini, jadilah berbagai macam program grafik dan game seperti yang Anda lihat sekarang ini.

Jadi jika rekan-rekan ingin belajar jangan pernah berhenti di tengah jalan, cukup ambil satu langkah saja untuk mulai, bukan 10 atau 100 langkah, itu kebanyakan. Satu langkah saja sudah cukup untuk memulai perjalanan pengembaraan dengan OpenGL.

Untuk membuat program garden ini ogut sarankan Anda membaca artikel berikut ini, karena objek-objek 3D yang ogut pakai untuk garden di atas dibuat berdasarkan objek 3D ini.

Membuat Balok 3D
Membuat Pipa 3D
Membuat Balok Bengkok 3D

Salam


Heriady
heriady.yoh@gmail.com




Artikel terkait
Objek Tangki Air 3D

Objek Meja 3D Wire dan Solid

Membuat Objek Balok Bengkok 3D Solid / Padat

2 komentar: