Jumat, 18 Desember 2015

Membuat Terrain untuk Hely 3D

Membuat terrain untuk melengkapi program animasi Hely 3D. Program dibuat dengan menggunakan Visual Studio 2013 Express dan OpenGL 3D.



Selamat Pagi rekan-rekan sekalian, jumpa lagi dengan ogut, setelah urusan pompa air di villa bule mulai teratasi  ogut langsung lanjut nge-blog lagi. Kali ini ogut akan menyatukan program-program yang telah ogut buat di artikel-artikel sebelumnya. Artikel yang telah ogut tulis beberapa bulan yang lalu (mulai mei 2015) ogut kumpulkan dan jadilah seperti ini.





Bagaimana keren bukan, pada gambar di atas rekan-rekan bisa melihat program yang ogut buat, objek Hely 3D sudah ogut lengkapi dengan objek tambahan langit/sky,  pohon kelapa dan tanah, semuanya jika disatukan akan membentuk yang namanya terrain atau gampangnya kita sebut aja daerah perang.

Cara untuk membuat objek-objek di atas sudah semuanya ogut bahas, rekan-rekan tinggal membaca di artikel-artikel terdahulu (klik beberapa link artikel terkait di bagian bawah artikel ini). Jika rekan-rekan telah menguasai cara membuat terrain seperti contoh ini maka rekan-rekan telah maju selangkah lagi, tinggal menunggu detik-detik game 3D rekan-rekan jadi.

Objek tanah/ground ogut buat dengan 3ds max, begitu pula pohon kelapa. Cara menampilkan ke layar monitor dengan menggunakan metode 3 daftar, semuanya sudah ogut bahas rekan-rekan tinggal membaca di artikel yang telah tersedia.



Untuk  sky/langit ogut menggunakan balok 3D  5 sisi, tanpa perlu menggunakan 3ds max.

 ////////////////////////////////////////////////////
//Sky langit
////////////////////////////////////////////////////
//Depan
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, Sky_Depan_Text);
glBegin(GL_QUADS);
glTexCoord2f(0.0f, 0.0f);
glVertex3f(-33.0f, -5.0f, -33.0f);

glTexCoord2f(1.0f, 0.0f);
glVertex3f(33.0f, -5.0f, -33.0f);

glTexCoord2f(1.0f, 1.0f);
glVertex3f(33.0f, 20.0f, -33.0f);

glTexCoord2f(0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-33.0f, 20.0f, -33.0f);
glEnd();

//Belakang
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, Sky_Belakang_Text);
glBegin(GL_QUADS);
glTexCoord2f(0.0f, 0.0f);
glVertex3f(-33.0f, -5.0f, 33.0f);

glTexCoord2f(1.0f, 0.0f);
glVertex3f(33.0f, -5.0f, 33.0f);

glTexCoord2f(1.0f, 1.0f);
glVertex3f(33.0f, 20.0f, 33.0f);

glTexCoord2f(0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-33.0f, 20.0f, 33.0f);
glEnd();

//Kiri
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, Sky_Kiri_Text);
glBegin(GL_QUADS);
glTexCoord2f(0.0f, 0.0f);
glVertex3f(-33.0f, -5.0f, 33.0f);

glTexCoord2f(1.0f, 0.0f);
glVertex3f(-33.0f, -5.0f, -33.0f);

glTexCoord2f(1.0f, 1.0f);
glVertex3f(-33.0f, 20.0f, -33.0f);

glTexCoord2f(0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-33.0f, 20.0f, 33.0f);
glEnd();

//Kanan
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, Sky_Kanan_Text);
glBegin(GL_QUADS);
glTexCoord2f(0.0f, 0.0f);
glVertex3f(33.0f, -5.0f, 33.0f);

glTexCoord2f(1.0f, 0.0f);
glVertex3f(33.0f, -5.0f, -33.0f);

glTexCoord2f(1.0f, 1.0f);
glVertex3f(33.0f, 20.0f, -33.0f);

glTexCoord2f(0.0f, 1.0f);
glVertex3f(33.0f, 20.0f, 33.0f);
glEnd();

//Atas
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, Sky_Atas_Text);
glBegin(GL_QUADS);
glTexCoord2f(0.0f, 0.0f);
glVertex3f(-33.0f, 20.0f, 33.0f);

glTexCoord2f(1.0f, 0.0f);
glVertex3f(33.0f, 20.0f, 33.0f);

glTexCoord2f(1.0f, 1.0f);
glVertex3f(33.0f, 20.0f, -33.0f);

glTexCoord2f(0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-33.0f, 20.0f, -33.0f);
glEnd();
//==============================================

Update 16 Jan 2015

Rekan-rekan ogut juga punya program animasi 3D baru, yaitu membuat bayangan objek 3D seperti video berikut ini.



OK....sampai disini dulu rekan-rekan, ogut harus berangkat kerja lagi nih, lain kali kita terusin obrolannya.....OK


Salam Game 3D


Heriady
heriady.yoh@gmail.com




Artikel terkait
Program Animasi Game MoTer 3D dengan OpenGL

Membuat Animasi Hely 3D dengan OpenGL

Objek 3D low polygon dengan 3ds max

Model / Objek 3D dengan 3ds max

Konsep Face dan Metode 3 Daftar

Teori Animasi 3D dengan Vektor R3

Contoh Program Animasi 3D dengan OpenGL

Animasi dengan Vektor Translasi

Animasi dengan Vektor Translasi 2

Animasi 3D dengan Objek MD2

Matematika Vektor R3

Matematika Vektor R2


2 komentar: