Minggu, 08 November 2015

Jack Onil Bab-14 Versi Kedua

Dalam membuat sebuah game, terutama bagi pemula yang belum banyak melakukan eksperimen, membuat game agar tampak lebih sempurna wajib dilakukan atau singkatnya ogut ingin mengatakan jangan cepat puas bila game yang direncanakan sudah jadi.


Arti dari kalimat tersebut  adalah ogut menganjurkan kepada Anda untuk memperhatikan game yang telah selesai dibuat dengan teliti dan jika ditemukan sebuah lubang atau hal-hal kecil yang akan membuat nilai dari game tersebut turun, segera perbaiki.

Cara  yang paling mudah untuk menilai game yang kita buat adalah dengan meminta pertolongan orang lain untuk memainkan game tersebut. Dengarkan saran dan komentar dari para pemain tersebut, dan jika saran atau kritik  yang disampaikan itu benar jangan pernah merasa malu atau kecil hati untuk memperbaiki kesalahan yang telah dibuat.

Sampai dengan bab 13 jika Anda mempelajari  buku ini secara bertahap dari awal, maka pada bab 13 game yang ogut bahas telah dapat dimainkan. Tetapi pertanyaan yang timbul jika ogut tambahkan beberapa unsur ke dalam game tersebut apakah game ini akan menjadi lebih sempurna.

Ogut pernah diberi nasehat oleh seorang dosen yang mengajar ogut, dosen tersebut mengatakan jika seseorang hendak berlari maka orang tersebut harus belajar bagaimana caranya untuk merangkak terlebih dahulu.

Apa yang dikatakan oleh dosen tersebut terus ogut ingat hingga sekarang dan tetap ogut praktekkan dalam membuat sebuah karya. Demikian juga dengan game pada buku ini, baik Anda maupun ogut tidak akan dapat langsung berlari, tetapi harus mengawali dari tahap merangkak.

Setelah melewati bab ini ogut ingin mengajak kepada Anda untuk membuat versi kedua dari game yang telah ogut bahas sebelumnya. Game versi kedua yang akan ogut bahas tidak akan mengubah konsep atau ide game yang telah dirancang, tetapi versi kedua ini bertujuan untuk meningkatkan nilai dan mutu dari game itu sendiri.


Salam Jack Onil


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Artikel terkait

Membuat Game dengan VB 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar