Senin, 02 November 2015

Jack Onil Bab-4 Pembuatan Tekstur

Tahap berikutnya yang harus Anda perhatikan sebelum memasuki tahap pemrograman game adalah menyiapkan tekstur.

Setelah Anda mempelajari cara pemrograman OpenGL di Visual Basic dan cara membuat efek suara, pembuatan tekstur adalah tahap terakhir sebelum masuk dalam tahap perancangan game.

Tekstur merupakan nyawa suatu game, dengan tekstur yang baik game akan terlihat baik pula dan enak dipandang mata, jika suatu game sedap dipandang mata, berarti game tersebut mempunyai kesempatan besar untuk dimainkan banyak orang.

Pada bab ini ogut  akan memberi contoh cara membuat tekstur image dan tekstur mask yang digunakan untuk tehnik masking.

4.1 Photoshop 7.0
Proses pembuatan tekstur untuk tehnik masking menggunakan software Photoshop 7.0, Anda dapat menggunakan software lain yang lebih cocok bagi Anda, karena pada saat ini banyak sekali software pengelolah image yang beredar di Indonesia.

4.2 Membuat Tekstur Image
Pada bagian ini ogut akan memberikan contoh kepada Anda cara membuat tekstur image sederhana.

Pertama jalankan Photoshop 7.0.


Tekan Ctrl+N untuk membuat file baru, isi Width dengan 200 pixels dan Height dengan 200 pixels, lalu klik tombol OK.


Klik Custom Shape Tool hingga tampil daftar gambar, pilih satu gambar.


Klik pada canvas, sambil menahan tombol mouse gerakkan mouse hingga terbentuk gambar seperti di bawah.


Ubahlah warna gambar objek di atas dengan warna yang Anda suka dengan cara, klik pada Set foreground color hingga tampil window Color Picker. Gerakkan mouse untuk memilih warna lalu klik tombol OK.


Tekan tombol Alt+Backspace, sebelum menekan tombol tersebut pastikan bahwa layer gambar objek sedang aktif.


Setelah warna gambar objek berganti, langkah berikutnya Anda harus mengganti warna latar belakang menjadi hitam sempurna, klik layer Background, lalu klik Set foreground color, hingga tampil window Color Picker.


Gerakkan mouse ke bagian kiri bawah hingga terpilih warna hitam sempurna(R=0, G=0 dan B=0), lalu klik tombol OK.


Tekan Alt+Backspace, warna latar belakang menjadi warna hitam sempurna.


Save dengan nama image.psd, lalu Save As dengan nama image.bmp(pilih format bitmap Depth=24 bit).

Setelah proses di atas selesai Anda telah mempunyai sebuah tekstur image yang dapat digunakan untuk pemrograman OpenGL.

4.3 Membuat Tekstur Mask
Langkah berikut ini adalah lanjutan dari subbab 4.2

Save As kembali pekerjaan sebelumnya dengan nama mask.psd.

Ubahlah warna latar belakang menjadi warna putih sempurna dengan cara klik layer Background, klik Set foreground color.


Gerakkan mouse ke kiri atas hingga nilai R=255, G=255 dan B=255, lalu klik tombol OK.


Tekan Alt+Backspace hingga warna latar belakang menjadi putih sempurna.


Langkah terakhir Anda harus mengubah warna gambar objek menjadi warna hitam sempurna. Klik layer Shape1 untuk mengaktifkan, lalu klik Set foreground color.


Pilih warna hitam sempurna, lalu klik tombol OK, dan terakhir tekan Alt+Backspace, maka warna  objek akan berganti menjadi warna hitam sempurna.


Save hasil pekerjaan di atas, lalu Save As dengan nama mask.bmp(pilih Depth=24 bit).

Dengan selesainya pekerjaan di atas maka Anda telah berhasil membuat tekstur mask yang dapat digunakan untuk pemrograman game.


Salam Jack Onil


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Artikel terkait

Membuat Game dengan VB 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar