Minggu, 19 Juli 2015

Vektor untuk Tanjakan dan Turunan

Suatu pagi yang cerah munculah ide ini...

Update 1 Jan 2016




Selamat pagi rekan-rekan sekalian, di pagi hari ini ogut akan membagikan ide yang sangat berguna untuk pemrograman game, dan tentu saja membahas tentang vektor yang membantu ogut untuk menyelesaikan permasalahannya.

Program kali ini bercerita tentang Moto Alien akan berjalan mengikuti tanjakan dan turunan seperti Anda lihat pada gambar di bawah ini. Hanya dengan menggunakan perhitungan matematika proyeksi vektor yang sederhana Anda dapat membuat program seperti ini.


Karena vektor yang digunakan banyak maka ogut membagi wilayah pembatas (Kotak Pembatas / KP) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, setiap KP (berwarna merah) mempunyai satu vektor sebagai jalan Moto Alien. Jadi Moto Alien akan mengikuti arah vektor sesuai dengan posisinya.


Ogut tidak akan menjelaskan kembali apa itu proyeksi vektor dan sebagainya karena sudah pernah dijelaskan di artikel sebelumnya.

Ok rekan-rekan, semoga ide ini bermanfaat bagi Anda semua dan sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.

Update 1 Jan 2016

Klik link berikut ini untuk menuju artikel yang berhubungan dengan vektor, Sudut Vektor dan Vektor Pantul.





Salam matematika vektor


Heriady
heriady.yoh@gmail.com




Artikel terkait

Matematika Vektor R2

Vektor Pantul

Manfaat Sudut Vektor

String Movement (Animasi dengan Vektor Translasi 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar